Pages

Thursday, August 10, 2006

Mendadak SUKA Dangdut

Hmmh.. Pernah ngga lo ngerasa suka sama sesuatu, tapi lo malu untuk mengakuinya dengan berbagai alasan? Nah, itu yang disebut guilty pleasure. Selama ini gw ga ngerasa punya sesuatu yang bisa gw sebut my guilty pleasure. Tapi, sejak liburan kemaren ini kayanya gw menemukan guilty pleasure gw: DANGDUT. Oke, gw emang ngga pernah bilang kalo gw tidak suka musik dangdut, tapi gw juga tidak pernah mengaku menikmati lagu-lagu dangdut. Selama ini, di mata gw dangdut adalah musik buat kalangan supir, asisten rumah tangga, tukang-tukang, masteng-masteng dan mbakteng-mbakteng. Pokoknya ngga oke banget buat anak muda modern, atau gw lebih suka menyebutnya "Generasi MTV", seperti gw.

Yaya.. Gw tau itu ngga sepenuhnya bener, tapi mungkin gw bukan satu-satunya orang yang beranggapan kayak gitu. Mungkin sebagian besar anak muda ibukota lainnya punya pandangan yang salah, sama seperti gw, terhadap musik dangdut. Tapi sebenernya, kadang-kadang gw cukup menikmati lirik-lirik musik dangdut yang agak konyol. Misalnya, ".. 3 kali puasa, 3 kali lebaran, abang tak pernah pulang, dst.." menurut gw itu lucu banget!! Buat yang nyiptain lagu Bang Toyib, two thumbs up for you!! Kreatif banget!

Nah, liburan kemaren gw denger satu lagu yang kayanya udah overplayed di mana-mana. Kalo ada yang belom pernah denger lagu ini, pasti tuh orang abis bertapa di Gunung Kidul selama minimal setengah tahun. Liriknya gini, ".. Bang sms siapa ini Bang, Bang pesannya pake sayang-sayang, Bang nampaknya dari pacar Abang, Bang hati ini mulai tak tenang ..". Siapa yang ngga kenal sama lagu itu? Dari angkot sampe supermarket muterin lagu itu, bahkan Tike Priyatna Kusumah aja nyanyi lagu itu di Extravaganza. Betapa dahsyatnya, bukan? Gw ga tau siapa penyanyi aslinya, tapi lagu itu kayanya udah jadi theme song gw selama liburan kemaren.

Sekarang semua orang tau kalo gw menikmati musik dangdut, jadi dangdut bukan guilty pleasure gw lagi.. Mudah-mudahan dengan posting-an gw ini, makin banyak anak muda yang ngga malu lagi buat mengakui kalo dirinya menikmati musik dangdut. Ga salah kok menikmati musik dangdut.. Titi Kamal aja ga gengsi nyanyi dangdut di Mendadak Dangdut.. Kenapa kita, sebagi anak muda, harus malu mengakui musik dangdut sebagai musik kita? Lagipula, kata Project Pop "Dangdut is the music of my country.." ya kan??

Buat penutup, gw post lirik OST Mendadak Dangdut yang dinyanyiin sama Titi Kamal. Gw pengen banget nonton film arahan Rudi Soedjarwo ini. Mudah-mudahan sempet sebelum mulai kuliah lagi..

Jablai

Waktu tamasya ke Binaria.
Pulang pulang ku berbadan dua.
Meski tanpa restu orang tua, sayang.
Aku rela abang bawa pulang.
Enggak kerasa udah setahun.
Si abang mulai berlagak pikun.
Udah nggak pernah pulang ke rumah, sayang.
Kepincut janda di Pulo Gebang.

Reff:
Lay lay lay lay lay lay …
Panggil aku si jablai.

Abang jarang pulang, aku jarang dibelai.
Anak kita skarang udah besar.
Mulai bingung kok bapaknya nyasar.
Kenapa bapak nggak pulang pulang emak?
Kata tetangge .. emangnya enak?

(sumber: http://www.sinemart.com/mendadakdangdut/lyrics.php#2 )

No comments: